5 Buah Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Related image

Pada saat sedang hamil memang disarankan untuk mengkonsumsi buah, tetapi adanya beberapa buah yang terlarang untuk dikonsumsi ibu hamil. Pasalnya buah buah terlarang tersebut akan memberikan efek yang berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Mengkonsumsi buah saat hamil selain dapat menyegarkan tetapi juga memiliki banyak manfaat. Dengan mengkonsumsi buah juga akan terpenuhinya kebutuhan ibu hamil akan vitamin dan nutrisi. Tetapi yang harus ibu hamil perhatikan adalah adanya beberapa buah yang berbahaya bagi ibu hamil.Para ibu hamil harus membatasi atau bahkan menghindari mengkonsumsi beberapa buah yang tinggi kandungan gula alaminya.Terlebih lagi buah yang sulit untuk dicerna karena bisa menyebabkan kontraksi pada rahim.

Berikut 5 buah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil diantaranya yaitu :

  1. Buah Kurma

Ibu hamil sebaiknya menghindari mengkonsumsi kurma karena mengandung gula yang sangat tinggi. Kandungan gula alami yang ada didalam buah kurma tinggi sehingga jika ibu yang menderita diabetes kehamilan akan kesulitan untuk mencerna glukosa yang ada didalam buah kurma. Karena bisa meningkatkan tingkat gula darah.Jika ibu hamil memilki resiko diabetes maka sebaiknya membatasi mengkonsumsi kurma, hingga nantinya ibu melahirkan supaya tercegah dari komplikasi apapun.

  1. Nanas

Ibu hamil dilarang mengkonsumsi buah nanas karena buah ini dapat memicu kontraksi rahim.Meski nanas ini merupakan sumber protein, mineral, dan vitamin yang baik untuk kesehatan, tetapi jika sedang hamil atau bahkan hamil muda maka buah nanas ini sebaiknya dihindari.Pasalnya buah nanas mengandung enzim yang disebut bromelin yang dapat menyebabkan melemahnya serviks.Melemahnya serviks dapat menyebabkan kontraksi dini atau bahkan keguguran.

  1. Pisang

Pada saat hamil sebaiknya menghindari mengkonsumsi buah yang tinggi kandungan karbohidratnya, karena bisa menyebabkan gula darah naik.Meskipun kandungan potasium yang ada didalam buah pisang bagus untuk kesehatan, tetapi kandungan karbohidrat yang ada didalamnya cukup tinggi sehingga bisa menyebabkan meningkatnya tingkat gula darah.Buah pisang sebaiknya dihindari ibu hamil yang menderita diabetes gestasional.

  1. Anggur

Bagi ibu hamil, anggur bisa menjadi menjadi salah satu buah yang berbahaya.Tidak disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi buah anggur karena mengandung pestisida yang telah disemprotkan pada buah anggur tersebut.Selain itu tidak mudah dicernanya kulit anggur dapat menyebabkan ibu hamil beresiko terkena sembelit atau konstipasi.Kandungan karbohidrat yang ada didalam buah anggur dapat diubah menjadi glukosa didalam tubuh. Sehingga bisa menyebabkan meningkatnya tingkat gula darah ibu hamil, yang nantinya akan beresiko terkena diabetes. Oleh karena itulah sangat tidak disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi banyak buah anggur.

  1. Pepaya Mentah

Ibu hamil juga sangat dilarang untuk mengkonsumsi pepaya mentah atau setengah matang.Karena pepaya mentah atau setengah matang mengandung lateks yang dapat memicu terjadinya kontraksi rahim.Oleh karena itulah ibu hamil selama trimester ketiga hingga menjelang akhir masa kehamilan sangat disarankan untuk menghindari makanan apapun yang mengandung pepaya mentah.

Itulah 5 buah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil.Untuk menggantikan buah buah yang telah disebutkan diatas maka ada banyak buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan salah satunya adalah manggis. Manggis bagi ibu hamil banyak sekali manfaatnya, salah satu manfaatnya adalah kandungan Vitamin C nya dapat membantu ibu hamil untuk lebih kuat daya tahan tubuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *