Ayam Broiler

Pernahkah anda mendengar Ayam Broiler? Ayam Broiler merupakan ras ayam pedaging yang marak dipelihara untuk diambil dagingnya. Ayam jenis ini mengalami pertumbuhan dengan sangat cepat sehingga mampu mencukupi kebutuhan daging ayam masyarakat. Dihasilkan melalui proses kawin silang antara dua jenis ayam dengan tingkat produktifitas yang tinggi membuat ayam broiler memiliki keunggulan dibanding jenis ayam lain terutama dalam jumlah daging yang dapat dimanfaatkan.

Sudah banyak peternak di Indonesia yang menjadikan ayam broiler sebagai ladang bisnis menjanjikan. Hal ini dikarenakan selain pertumbuhannya yang pesat, dimana ayam broiler membutuhkan waktu yang relatif singkat untuk mencapai berat serta tinggi badan siap panen, ayam broiler juga memiliki kualitas daging yang sangat bagus. Ayam jantan maupun betina sudah bisa dipanen pada usia 5-6 minggu dengan berat sekitar 1,6 kg apabila diternakkan secara intensif. Proses pemeliharaan yang tidak begitu rumit, masa panen yang relatif cepat, serta kualitas daging unggul membuat para peternak di Nusantara berbondong-bondong mengganti jenis ternak mereka menjadi ayam broiler demi keuntungan yang lebih signifikan.

Selain sebagai ladang bisnis, tidak sedikit orang yang memelihara ayam ini sebagai kesenangan atau hobi. Bulunya yang tebal serta bentuk tubuhnya yang cukup unik mampu memanjakan mata para pecinta ayam. Bulu berwarna putih mengkilapnya dianggap mampu menghilangkan stress dan memberi kesan tenang.

Lantas berapa harga yang dipatok untuk jenis daging ayam unggulan ini? Di pulau jawa sendiri harga ayam broiler cukup bervariasi dikarenakan tinggi rendahnya harga ditentukan oleh pemilik pasar dan stok lapangan. Untuk di Jawa Barat bekisar antara Rp. 9.000 – Rp. 12.000 dimana harga terendah berada di Kota Sukabumi dan harga tertinggi terdapat di Bandung. Di Jawa tengah harga berkisar antara Rp. 12.000 – Rp. 15.000 dimana harga terendah berada di Pati, Kudus, Jepara, Rembang, Purwodadi sedangkan harga tertinggi berada di Pekalongan, Tegal, dan Brebes. Sementara di Jawa Timur harganya relatif sama di semua daerah yakni berkisar antara Rp. 12.000 – Rp. 13.000 saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *