Bahan Kemeja Batik Pria Terbaik

Baju batik merupakan salah satu baju dengan corak khas indonesia yang menjadi fashion item yang wajib dimiliki untuk menghadiri undangan atau acara resmi. Namun, banyak juga motif batik yang menarik untuk digunakan saat Lebaran maupun acara santai. Bagi anda yang sedang mencari kemeja batik pria wajib membaca artikel ini sampai akhir. Kami akan membahas tips memilih kemeja batik yang sesuai dengan penampilan Anda. Di bawah ini kami juga akan merekomendasikan beberapa merk terbaik seperti Danar Hadi atau Batik Trusmi.

Bahan katun merupakan bahan pakaian batik yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Harganya berkisar dari yang murah sampai yang mahal. Kualitas bahan katun pun bervariasi dan tentunya akan mempengaruhi harga batik. Kain katun primisima merupakan salah satu kain dengan kualitas terbaik. Jika Anda menginginkan kemeja yang nyaman, bahan katun jelas merupakan pilihan paling ideal. Tak hanya nyaman, bahan ini sangat cocok untuk yang mudah berkeringat karena daya serapnya yang baik. Untuk Anda yang tidak ingin tampil terlalu formal, kemeja katun sangat cocok.

Jika Anda ingin tampil eksklusif dan berwibawa, kemeja batik sutra adalah pilihan yang tepat. Meski harganya mahal, Anda akan mendapatkan tampilan fashion yang tinggi. Kain sutera sendiri terbagi menjadi dua jenis. Beberapa kain dibuat dengan peralatan mesin (ATM) dan beberapa kain dibuat dengan peralatan mesin (ATBM). Kain yang dibuat dengan ATM akan menjadi lembut dan sangat halus. Sebaliknya, kain yang dibuat dengan ATBM akan menghasilkan kain yang lebih kasar dan lebih tebal. Kain ATBM juga cenderung lebih mahal karena diproduksi dalam jumlah kecil. Selain itu, sutra cukup baik untuk menyerap kelembapan. Oleh karena itu, Anda tetap akan merasa kedinginan meski berada di tempat yang panas.

Karena sutra harganya cukup mahal, tidak banyak produsen batik yang membuat kemeja sutra. Mereka cenderung memilih dobby sebagai pengganti karena kedua bahan tersebut memberikan efek elegan dan berkelas. Dobby adalah campuran polyester dan katun. Bahan ini bercirikan pola serat yang menonjol (kotak, garis dan abstrak) dengan warna yang agak mengkilat. Di pasaran, kain dobby yang paling banyak digunakan untuk batik adalah dobby katun dan dobby sutra. Bahannya mengkilat dan halus, cocok untuk dipakai di pesta atau acara formal. Namun jika dibandingkan dengan kapas biasa, bahan ini kurang menyerap. Jadi pastikan tempat yang Anda kunjungi tidak panas atau acara outdoor.

Motif Parang, Sida Mukti, Kawung, Truntum, Nitik, Sogan, Ceplok dan masih banyak lagi adalah contoh motif batik klasik. Motif ini cocok untuk Anda yang membutuhkan busana formal karena motif konvensional memberikan nuansa Indonesia yang kental. Warna batik klasik biasanya juga terdiri dari coklat, putih atau hitam. Warna cenderung tidak netral, sehingga mudah dipasangkan dengan bawahan manapun. Jika ingin tampil lebih rapi dan formal, kenakan kemeja dengan motif klasik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *