Fakta Sains Kenapa Kucing Terlihat Seperti Pakai Kaus Kaki

Bagi anda pencinta kucing mungkin anda sering mengamati bagian kaki kucing yang terlihat seperti memakai kaus kaki. Salah satunya sering terlihat pada Grumpy Cat yang beberapa waktu lalu sangat populer di kalangan pencinta kucing. Dimana kucing ini mempunyai bulu berwarna cokelat tua dan putih. Tetapi perhatikan di bagian kakinya maka akan terlihat warna putih dan bagian atasnya cokelat sehingga tampak seperti sedang memakai kaus kaki. Penasaran kenapa hal tersebut bisa terjadi ?

Untuk menjawab rasa penasaran anda mengenai hal tersebut maka rumusrumus.com akan memberikan fakta-fakta sains kenapa hal tersebut bisa terjadi pada kucing.

  1. Ilmuwan Menyebutnya sebagai Piebaldism
    Perlu anda ketahui bahwa Piebaldism merupakan kondisi genetik yang membuat sebagian kulit atau rambut berwarna putih. Kondisi tersebut merupakan hasil mutasi gen yang menjadikan distribusi melanosit tidak biasa. Melanosit ini merupakan sel yang memberikan pgmen di bagian kulit, mata, bulu dan rambut.
  2. Terjadinya Piebaldism Pada Kucing
    Saat kucing dalam bentuk embrio maka semua sel melanositnya akan tertekan ke bagian belakang tubuh. Kemudian tumbuh menjadi anak kucing dengan pigmen yang menyebar ke seluruh tubuh. Bila melanosit tersebar secara merata maka kucing tersebut akan memiliki satu warna. Tetapi kebanyakan kucing memiliki melanosit yang penyebarannya tidak merata dan terkadang sel tersebut tidak dapat mencapai ujung kaki. Hal inilah yang menimbulkan corak kaus kaki pada kaki kucing.
  3. Bisa Menjadi Tanda Adanya Penyakit Serius
    Piebaldism sebetulnya tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya tetapi ada sebagian kecil hewan yang mengalami hal tersebut dan menjadi pertanda adanya penyakit neurocristopathies. Dimana penyakit ini disebabkan oleh kelainan pada jaringan. Sehingga hewan tersebut bisa mengalami penyakit tuli, jantung, kanker dan pencernaan.
  4. Manusia juga Bisa Mengalami Piebaldism
    Ternyata Piebaldism juga dapat terjadi pada manusia meskipun kemungkinannya sangat kecil. Biasanya yang terjadi pada manusia adalah piebaldism yang terjadi di alis, rambut, kulit lengan, kulit perut dan kaki. Penyebab piebaldism pada manusia juga sama dengan yang terjadi pada kucing.

Itulah tadi penjelasan mengenai fakta sains kenapa kaki kucing tampak seperti memakai kaus kaki. Selain penjelasan di atas sebetulnya masih ada penjelasan ilmiah lainnya mengenai pembahasan tersebut. Jika anda menginginkan informasi yang lebih lengkap dan jelas maka silakan kunjungi website berikut rumusrumus.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *