Harga Aki Kering Relatif Mahal, Rawatlah dengan Cara Ini Agar Lebih Awet

Motor memiliki begitu banyak komponen agar kendaraan tersebut dapat berjalan serta bekerja dengan maksimal dan memenuhi kebutuhan manusia. Dari banyaknya komponen yang dimiliki, salah satunya adalah aki yang dianggap menjadi bagian penting yang berpengaruh terhadap kinerja motor tersebut. Sekarang ini, sudah tersedia dua pilihan aki bagi para pengguna motor, yakni aki basah dan juga kering. Meski keduanya sama-sama memerlukan air aki, namun aki kering memiliki air yang lebih kental dan juga padat seperti layaknya gel. Baik aki basah dan juga kering, Anda sama-sama bisa membelinya melalui situs jual beli online terpercaya, yang dimana harga aki kering biasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis yang basah. Oleh karena itu jika Anda menggunakan komponen ini, maka Anda harus menjaganya serta merawatnya dengan baik, yakni dengan menerapkan beberapa cara di bawah ini:

  1. Gunakan dengan Sering
    Tips pertama yang mampu membuat komponen tersebut memiliki umur yang panjang dan membuat Anda tidak perlu lagi membeli yang baru pada toko online terpercaya dalam waktu dekat ini adalah dengan sesering mungkin menggunakan motor tersebut. Semakin sering digunakan, maka pengisian listriknya pun akan selalu dan tetap stabil. Hal inilah yang membuat usia komponen tersebut menjadi lebih awet dan tahan lama, serta pemakaiannya pun akan terasa jauh lebih nyaman dan juga lebih aman. Jika jarang digunakan, paling tidak panaskan mesin motor setiap harinya selama 2 sampai 5 menit.
  2. Memakai Electric Starter
    Untuk menyalakan motor sekarang ini ada dua cara, yakni mengengkolnya langsung atau secara manual, dan juga bisa dinyalakan dengan menggunakan electric starter. Jika menggunakan komponen electric starter, maka Anda tidak perlu repot untuk mengeluarkan tenaga menggenjot tuasnya, namun Anda hanya cukup menekan tombol tersebut hingga mesin motor menyala. Hal ini memang sangat membuat Anda menjadi lebih praktis dan tidak membuang tenaga, selain itu, hal ini nyatanya juga sangat berguna untuk Anda menjaga keawetan aki kering Anda.
  3. Kurangi Guncangan
    Karena harga aki kering di situs belanja online juga tidak murah, oleh karena itu Anda harus merawatnya dengan baik dan benar, yakni dengan cara meminimalisir guncangan yang terjadi pada motor. Hal tersebut dapat dikurangi jika Anda menghindari jalanan yang penuh lubang atau pun melalui jalan yang tidak rata melainkan rusak. Guncangan-guncangan tersebut dapat berpengaruh buruk bagi aki, yakni sel-sel yang ada di dalamnya akan menjadi lebih cepat rusak.
  4. Tutup Kabel Terminal Aki
    Hal lainnya yang juga sangat ampuh dan berguna untuk membuat aki tersebut tidak cepat rusak sehingga Anda tidak perlu membelinya kembali pada toko online terpercaya adalah dengan selalu mengecek posisi dari kabel terminalnya. Pastikan agar kabelnya selalu dalam keadaan yang tertutup rapat agar selalu kering dan tidak lembab. Jika lembab, maka biasanya akan menimbulkan resiko koslet yang lebih besar dan kerusakannya pun akan jauh lebih besar.
  5. Membersihkan dengan Rutin
    Hal terakhir yang harus Anda lakukan agar komponen tersebut lebih awet dan juga bisa Anda gunakan untuk waktu yang lama adalah dengan selalu membersihkannya setiap beberapa waktu sekali. Untuk membersihkannya, Anda cukup menyiramkannya dengan menggunakan air panas, kemudian keringkanlah kembali hingga tidak terasa lembab. Seperti yang diketahui, harga aki kering memang lebih mahal jika dibandingkan dengan yang basah, namun Anda bisa membelinya dengan harga terjangkau dengan melakukan belanja online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *