Ini 7 Parameter yang Bisa Digunakan

Pertanyaan yang sering muncul di benak para trader yang masih belajar trading adalah alat untuk mengukur keberhasilan sistem trading apa yang digunakan. Contoh alat ukur sistem perdagangan yang berhasil digunakan oleh trader adalah winrate rate, yaitu ukuran seberapa besar kemenangan dibandingkan dengan kerugian.

Ternyata hal tersebut tidak hanya memungkinkan untuk digunakan sebagai alat ukur keberhasilan suatu sistem perdagangan. Ada 7 metrik yang bisa Anda gunakan untuk mengukur kesuksesan yang Anda peroleh dari berbisnis.

Metrik yang akan kami tampilkan di sini didasarkan pada pakar perdagangan bernama Davis Jenyns. Dia bekerja untuk perusahaan Ord Minnett dan menulis banyak buku yang berhubungan dengan sistem perdagangan.

1. Rasio menang / kalah

Alat pengukuran pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengevaluasi kinerja sistem perdagangan adalah dengan menggunakan rasio menang / kalah. Jika ditafsirkan secara sederhana, rasio menang / kalah adalah perbandingan rata-rata perdagangan menang dan kalah. Sistem perdagangan dianggap berada di jalur yang benar, jika laporan menunjukkan bahwa kemenangan lebih sering dicapai daripada kerugian.

Tetapi ingatlah untuk tidak berasumsi bahwa statistik ini benar. Ini karena rasio menang / kalah tidak memperhitungkan seberapa besar kemenangannya atau seberapa besar kerugiannya. Beberapa sistem perdagangan mungkin menunjukkan rasio menang-kalah yang buruk, tetapi bisa menguntungkan. Misalnya, sistem perdagangan penyu memiliki rasio 40:60 dan ini sangat menguntungkan.

2. Kemenangan sekunder dan kerugian rata-rata

Hal penting berikutnya yang dapat Anda gunakan adalah memastikan bahwa nilai rata-rata pip saat menang lebih besar daripada rata-rata kerugian. Misalnya, Anda menjalankan pengujian kembali yang berisi 200 operasi. Dari 200 perdagangan, ada sekitar 150 perdagangan yang kalah dan sekitar 50 perdagangan yang menang, jadi rasio menang / kalah adalah 15:75. Hal seperti ini tidak pernah dapat mengklaim bahwa sistem perdagangan itu baik atau buruk.

Melanjutkan contoh di atas, Anda perlu mengukur rata-rata kemenangan dan kerugian. Jika rata-rata kemenangan adalah 2000 USD dan kerugian rata-rata adalah 500 USD, Anda dapat yakin bahwa perdagangan Anda masih menguntungkan.

3. Harapan

Sederhananya, Alat Pengukuran yang Diharapkan dapat menunjukkan berapa banyak keuntungan yang Anda harapkan dari setiap sen yang Anda jual. Jika sistem perdagangan menunjukkan hasil yang diharapkan dari +120, ini berarti Anda dapat memperoleh pengembalian rata-rata 120 kali lipat dari modal yang Anda gunakan saat berdagang.

Namun, gambar yang ditampilkan di atas hanyalah contoh. Realitas di lapangan akan sangat sulit mencapai ekspektasi yang ratusan.

Sebagai patokan, Jenyns memberikan ukuran ekspektasi yang bisa Anda gunakan untuk mengukur kesuksesan trading. Jika Anda dapat mencapai ekspektasi USD 0,60, ini berarti Anda berada di jalur yang baik dan sistem perdagangan yang sukses.

4. Kerugian maksimum yang berurutan

Coba tinjau hasil tes Anda untuk melihat berapa banyak kerugian berturut-turut yang Anda alami sambil tetap menghasilkan keuntungan. Ini penting bagi Anda karena statistik tersebut dapat memberi Anda kepercayaan diri saat mengalami kerugian berikutnya.

Misalnya, Anda menghadapi lima atau enam kekalahan berturut-turut. Jika Anda tidak mengetahui kerugian maksimum yang Anda hadapi, Anda akan berpikir bahwa sistem perdagangan tidak berfungsi dengan benar atau salah.

Inilah yang terjadi dalam kesalahan yang dilakukan oleh banyak trader baru. Karena sebenarnya Anda bisa mengalami 10 kerugian dalam trading tapi tetap untung.

5. Asupan maksimal

Alat pengukur ini adalah waktu terburuk untuk menyelami sistem perdagangan Anda dari atas. Tidak peduli berapa lama Anda menderita dan berapa kali Anda menderita.

Alat pengukuran ini sering dihitung secara otomatis jika Anda menautkan akun perdagangan ke alat analisis akun seperti MyFXbook. Sebenarnya tidak ada standar khusus yang harus dipatuhi, Anda hanya perlu bertanya pada diri sendiri tentang kenyamanan penarikan seperti itu. Jika Anda merasa tidak nyaman maka sebaiknya Anda bermain-main dengan sistem trading yang telah dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *