Ini Dia Berbagai Macam Jenis Mesin Bubut di Bukalapak  

Image result for mesin bubut site:bukalapak.com

Banyak sekali pesawat sederhana yang sangat bermanfaat untuk mempermudah pekerjaan seseorang. Dengan adanya pesawat sederhana, kerja yang tadinya sulit dilakukan menjadi lebih mudah. Seperti halnya kegunaan mesin bubut di Bukalapak. Mesin ini adalah perkakas atau mesin yang digunakan untuk memotong sebuah benda yang berputar. Mesin ini juga merupakan alat yang proses pemakaiannya dengan cara memutar pada benda kerja, kemudian digerakkan pada pahat yang digerakkan dengan translating secara sejajar dengan sumbu yang ada pada benda kerja.

Gerakan memutar dari benda kerja disebut dengan gerak potong secara relatif, dan gerakan potong secara translasi dari memahat disebut dengan umpan. Dengan diaturnya perbandingan kecepatan pada translasi pahat, maka akan mudah memperoleh bermacam-macam ulir dengan berbagai ukuran kasar yang berbeda-beda. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menukar roda translasi yang bisa menghubungkan poros spindle ulir. Bagi Anda yang menginginkan alat ini, Anda bisa membelinya secara online di berbagai toko online.

Mesin bubut di Bukalapak memiliki berbagai macam jenis. Diantaranya adalah:

  • Mesin ringan. Mesin jenis ini banyak digunakan sebagai alat untuk membubut benda yang ringan. Desain mesinnya relatif sederhana dan kecil. Digunakan untuk benda-benda kerja yang kecil. Mesin ini terdiri atas dua jenis, yaitu lantai dan bangku.
  • Mesin sedang. Untuk mesin jenis ini, konstruksi nya lebih cermat dengan dilengkapi penggabungan beberapa peralatan khusus. Karena itu, mesin ini sering digunakan untuk pekerjaan yang lebih teliti, dan lebih banyak macam atau variannya. Fungsi utamanya adalah sebagai alat untuk memperbaiki atau menghasilkan barang produksi.
  • Mesin standar. Mesin ini dibuat dengan lebih berat dan lebih besar. Mesin ini termasuk salah satu yang sering digunakan diberbagai home industri.
  • Long bate lathe (mesin meja ajang). Mesin ini yang lebih banyak digunakan pada beberapa pabrik besar. Dan lebih sering digunakan untuk benda yang besar.
  • Mesin facing lathe. Mesin ini lebih sering digunakan untuk membubut benda yang berbentuk piringan besar. Dengan cara, benda kerja yang sedang digunakan, dikencangkan dengan menggunakan cakar, yang bisa di setting pada sebuah plat penyunting yang besar.

Untuk cara kerja pada mesin ini, terletak pada gerakan memutar pada benda kerja. Putaran tersebut bisa disesuaikan dengan sumbu putar yang ada pada benda kerja. Mesin ini digunakan untuk menyayat benda, dan kemudian akan melakukan gerakan translasi yang sejajar pada bagian pahat. Karena pahatan menyesuaikan dengan sumbu putar pada suatu benda, maka hasilnya akan membentuk seperti ulir. Yaitu dengan cara mengatur pada rotasi perbandingan kecepatan antara rotasi pahatan dan benda. Maka akan menghasilkan ulir yang berbeda-beda.

Bagian-bagian pada mesin ini adalah:

  • Head stock (kepala tetap). Adalah bagian yang ada spindle utama mesin, dan berfungsi sebagai sebuah dudukan untuk beberapa perlengkapan mesin.
  • Stock (kepala lepas). Adalah yang digunakan untuk dudukan senter tetap, senter putar, bor cekam, dan mata bor.
  • Alas meja. Digunakan sebagai alat dudukan kepala lepas, dn lainnya.
  • Ada tiga macam yaitu, eretan memanjang, eretan melintang, dan eretan kombinasi atau eretan atas.
  • Pemegang pahat atau penjepit.
  • Adalah sebagai pengikat atau penjepit benda.

Itulah beberapa bahasan mengenai mesin bubut. Dengan adanya mesin in, akan lebih mempermudah pekerjaan Anda. Jangan lupa jika ingin membelinya secara online, beli di situs jual beli online terpercaya. Agar mendapatkan alat yang berkualitas baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *