Mengenal Penyebab Penyakit Jantung dan Cara Mencegahnya di SehatQ.com

What makes a good doctor — and other findings from the 2019 AAMC Public Opinion Research | AAMC

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih ini anda bisa lebih mudah mendapatkan berbagai informasi terbaru di jaringan internet. Salah satunya anda lebih mudah mendapatkan informasi yang berkaitan dengan kesehatan, jenis obat-obatan, dan lainnya. Tentunya dengan demikian bisa menambah pengetahuan anda akan cara menjaga kesehatan dan mengenal berbagai tanda-tanda penyakit.

Perlu anda ketahui bahwa informasi kesehatan yang ada dan tersebar di internet tersebut belum ditinjau oleh pihak dokter. Sehingga anda perlu hati-hati saat membaca informasi kesehatan, masih bisa dipercaya atau tidak.

Kekhawatiran itu kini sudah ada solusinya dengan adanya SehatQ, anda bisa mendapatkan berbagai informasi kesehatan yang sudah terpercaya. Sehingga dengan demikian anda akan lebih paham terkait masalah kesehatan. Salah satunya mengenal mengenai gejala sakit jantung dan cara mengatasinya.

Mengenal Penyebab Sakit Jantung

Masalah penyakit jantung merupakan masalah yang serius harus segera ditangani agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius. Saat ini serangan jantung tidak hanya terjadi pada orang tua saja tetapi juga kalangan muda.

Serangan jantung merupakan kondisi aliran darah menuju jantung terhambat karena adanya pembekuan darah. Penyakit jantung merupakan kondisi yang sangat serius dan harus segera mendapatkan pertolongan medis.

Masalah penyakit jantung ini bisa terjadi karena berbagai penyebab mulai dari terjadinya pembekuan darah di arteri, robeknya pembuluh darah, dan pembuluh darah yang mengecil. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa faktor yang bisa meningkatkan serangan jantung:

  1. Usia 65 tahun ke atas sangat sensitif mengalami pembesaran organ jantung
  2. Memiliki keluarga yang memiliki riwayat diabetes, darah tinggi, dan jantung
  3. Jenis kelamin pria
  4. Aktif merokok
  5. Tidak suka olahraga
  6. Rutin konsumsi alkohol
  7. Stres berat

Selanjutnya akan dijelaskan mengenai beberapa gejala seseorang terkena penyakit jantung. Gejala yang paling umum dirasakan adalah rasa sakit pada bagian dada. Jadi dada terasa nyeri dan sesak napas. Seseorang akan lebih mudah berkeringat, sakit kepala, dan mulas. Selain itu disertai rasa cemas dan gelisah.

Maka dari itu dibutuhkan pemeriksaan fisik dan jantung ke dokter. Pemerksaan ini bertujuan untuk mengetahui nilai tekanan darah, mendengarkan detak jantung cepat atau lambat secara tidak teratur. Selain itu pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui suara abnormal jantung dan paru-paru.

Mengatasi masalah penyakit jantung, dokter akan menggunakan kateterisasi organ jantung yang bertujuan untuk mengetahui lokasi pembekuan darah. Dokter akan menyuntik zat kontras untuk menemukan letak penyumbatan darah. Pengobatan ini melalui proses pembedahan dan non-bedah untuk mencegah terjadinya serangan jantung.

Dokter akan memberikan beberapa resep obat yang fungsinya untuk pengencer darah atas pembekuan, menghilangkan rasa sakit, obat pelebar pembuluh darah, obat untuk tekanan darah tinggi dan lainnya.

Proses pencegahan sangat diperlukan demi menjaga kesehatan jantung. Anda bisa mulai dengan berhenti merokok, menerapkan konsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang. Hindari alkohol dan lakukan olahraga secara teratur. Apabila anda memiliki riwayat diabetes maka perhatikan juga kadar gula.

Anda juga bisa mendapatkan informasi lebih lengkap seputar kesehatan jantung, paru-paru dan lainnya hanya di aplikasi SehatQ. Anda bisa mengunduhnya di smartphone Android dan iOS. Sehingga anda akan lebih mudah mencari direktori penyakit di aplikasi SehatQ.

Aplikasi ini memang memilih direktori penyakit dan obat yang lebih lengkap sehingga semua informasi yang anda butuhkan akan terpenuhi. Anda juga akan mengetahui berbagai jenis obat-obatan yang dibutuhkan.

Demikianlah penjelasan mengenai tanda-tanda serangan jantung dan cara mencegahnya. Nah, dengan adanya aplikasi SehatQ anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap seputar kesehatan yang sudah ditinjau langsung oleh dokter. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *