Mengatasi Kencing Sakit setelah Berhubungan Intim

Beberapa orang menderita buang air kecil setelah berhubungan seks. Jika Anda mengalami ini, jangan menganggap enteng. Ini karena rasa sakit saat buang air kecil setelah berhubungan seks bisa menjadi tanda infeksi atau iritasi pada alat kelamin Anda. Nyeri kemih, atau disuria dalam istilah medis, dapat terjadi pada siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kondisi ini biasanya lebih berisiko bagi wanita daripada pria.

Iritasi atau peradangan
Jika Anda mengalami nyeri urin setelah berhubungan seks, ini mungkin menjadi penyebab cedera, iritasi atau radang pada area genital dan saluran kemih.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh gesekan permukaan kulit organ seksual selama aktivitas seksual. Terutama jika aktivitas seksual dilakukan dengan gerakan kasar atau tanpa foreplay, sehingga organ seksual tidak terlumasi dengan baik.

Nah, selain itu, kemungkinan iritasi kulit setelah bercinta juga bisa meningkat karena berbagai faktor lain. Dari penggunaan sabun, handuk dan pakaian saniter yang bisa mengandung iritasi hingga efek aktivitas sehari-hari seperti kebiasaan berlatih atau berjalan-jalan.

infeksi
Infeksi saluran kemih (ISK) adalah penyakit yang sering menyebabkan gejala saluran kemih yang menyakitkan setelah berhubungan seks. Meskipun bisa dialami oleh siapa saja, itu adalah fakta bahwa ISK lebih sering dialami oleh wanita. Ini karena saluran kemih wanita lebih pendek daripada pria.

Aktivitas seksual, kebiasaan menghentikan buang air kecil dan cara-cara yang buruk untuk mempertahankan area bersih di area wanita adalah faktor yang dapat meningkatkan risiko ISK pada wanita.

Selain ISK, kondisi lain yang dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil adalah penyakit menular seksual seperti gonore, herpes dan klamidia.

Cara mengatasi sakit kencing setelah berhubungan seksual
Nyeri saat buang air kecil setelah berhubungan seks dapat diobati sesuai dengan penyakit yang mendasarinya. Jika nyeri saluran kemih adalah bagian dari gejala penyakit menular seksual, dokter akan meresepkan obat untuk mengobati penyebab infeksi.

Untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan, dokter Anda mungkin juga meresepkan obat penghilang rasa sakit, seperti asetaminofen atau asam mefenamat.

Untuk pulih lebih cepat dari buang air kecil yang menyakitkan setelah berhubungan seks, dokter Anda biasanya akan menyarankan Anda untuk menjaga organ intim Anda bersih dan minum banyak air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *