Nyeri Perut Kanan Bawah, Bisa Jadi Tanda Awal Penyakit Ini

Sakit perut terkadang dianggap sepele dan bukan perkara yang harus diresahkan, terlebih jika hal tersebut terjadi dengan intensitas yang cukup sering. Namun Anda perlu waspada jika mengalami nyeri perut kanan bawah, karena bisa jadi nyeri yang Anda derita merupakan pertanda awal sebuah penyakit.

Peradangan Usus Buntu

Usus buntu merupaka organ perpanjangan dari usus besar yang terletak di bagian bawah kanan perut. Sehingga penyebab paling umum jika Anda mengalami sakit nyeri di bagian tersebut adalah gangguan atau radang usus buntu. Organ ini mengalami gangguan apabila didalamnya terjadi penyumbatan dan mengakibatkan terjadinya infeksi sehingga usus buntu membengkak.

Apabila gangguan ini yang terjadi, maka nyeri akan dirasakan pada daerah sekitar pusar (umbilikus) dan menjalar hingga ke bagian kanan perut. Nyeri tersebut akan menetap dan mengalami intensitas sakit berlebih ketika Anda melakukan aktivitas atau sekadar bergerak. Gejala ini dibarengi dengan hilangnya nafsu makan, mual dan muntah hingga demam.

Munculnya Batu Empedu

Sebenarnya munculnya batu empedu tidak selalu dibarengi dengan rasa sakit. Hal tersebut baru akan terjadi ketika batu menyumbat saluran empedu sehingga menimbulkan radang. Rasa nyeri perut kanan bawah akan menjalar hingga ke bagan punggung atas, bahu dan dada. Di samping itu, penderita pun juga bisa mengalami gejala mual dan muntah.

Nyeri yang ditimbulkan akibat tersumbatnya saluran empedu ini bisa berlangsung dalam hitungan menit atau bahkan jam setelah Anda menyantap makanan. Rasa nyeri ini bisa datang secara tiba-tiba dan akan mengalami peningkatan intensitas naik turun seperti gelombang.

Sumbatan Batu Ginjal

Nyeri pada bagian bawah kanan perut juga bisa merupakan tanda awal terjadinya penyakit batu ginjal. Namun rasa nyeri yang diderita masing-masing orang akan berbeda tergantung dari seberapa besar batu ginjal yang mengganjal di perutnya.

Biasanya nyeri muncul secara tiba-tiba dan terjadi pada perut bagian kanan atau pada pinggang. Sekali rasa nyeri ini muncul, maka akan terjadi dalam intensitas yang lumayan parah. Namun jika batu ginjal tersebut masih berukuran kecil maka nyeri yang diderita tidak akan mengalami intensitas yang berat.

Kista Ovarium Kanan

Ketika nyeri ini diderita oleh seorang wanita, maka tidak menutup kemungkinan terjadinya kista ovarium kanan. Ketika kista mulai menginjak kondisi yang berbahaya dan mulai membesar, maka akan menimbulkan ketidaknyamanan pada bagian perut.

Kista ovarium tersebut akan menimbulkan rasa sakit tak tertahankan apabila kista pecah. Meski begitu, rasa sakit akibat penyakit ini tidak melulu pada bagian kanan perut. hal ini karena wanita memiliki dua ovarium yakni kanan dan kiri, jadi rasa sakit yang diderita akan menyesuaikan lokasi tempat kista berada.

Jangan sepelekan nyeri perut kanan bawah yang menyerang, karena hal tersebut bisa jadi merupakan suatu pertanda adanya penyakit lain yang bersarang di tubuh Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang tanda awal gangguan kesehatan lain yang mungkin Anda derita, silahkan mengunjungi orami.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *