Pengertian Hipertensi Pulmonal dan Penyebabnya

Mungkin kamu tidak asing lagi dengan nama penyakit hipertensi, bukan? Namun tahukah kamu apa itu pengertian hipertensi pulmonal? Penyakit seperti apa sih itu? Apa berbeda dengan penyakit hipertensi yang biasanya? Menurut alodokter.com pengertian hipertensi pulmonal adalah salah satu jenis tekanan darah tinggi yang spesifik mengenai pembuluh darah arteri di paru-paru dan sisi kanan jantung. Pengertian hipertensi pulmonal menurut hellosehat.com adalah kondisi di mana tekanan di dalam pembuluh darah yang berasal dari jantung menuju paru-paru terlalu tinggi. Jantung memompa darah dari ventrikel kanan ke paru-paru untuk mendapatkan oksigen. Hipertensi ini terjadi ketika arteri kecil pada paru-paru yang disebut dengan arteriol pulmonal dan pembunuh kapilernya menyempit, tersumbat atau rusak. Kondisi ini mengakibatkan aliran darah dari sisi kanan jantung yang menuju paru-paru, untuk mengambil oksigen dan disebarkan ke semua organ menjadi terganggu. Nah, ini berakibat darah akan sulit untuk mengalir ke paru-paru dan tekanan pada arteri paru-paru juga akan meningkat. Peningkatan ini akan membuat bilik kanan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah menuju paru-paru. Kondisi abnormal seperti ini tentunya akan membuat otot jantung melemah dan dapat memicu gagal jantung. 

Mengerikan, bukan? Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi padamu. beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar tidak terjangkit penyakit ini adalah dengan menghindari penyebabnya. Apa saja sih  penyebab dari penyakit ini? Penyakit ini disebabkan oleh terjadinya penyempitan, enyumbatan atau kerusakan pada pembuluh darah kecil dan pembuluh kapiler yang memicu naiknya tekanan darah dalam pembuluh. Tekanan darah yang tinggi kemudian membuat dinding pembuluh darah menjadi tebal, kaku, tegang, meradang atau memicu tumbuhnya jaringan tambahan yang berujung pada berkurangnya aliran darah. beberapa penyebab lainnya dibagi menjadi beberapa grup. Grup pertama yaitu hipertensi arteri pulmonal atau yang disebut kuga dengan hipertensi arteri pulmonal idiopatik. Penyebabnya belum diketahui namun terdapat beberapa faktor yang diduga menyebabkan kondisi ini yaitu seperti mutasi gen, penyakit jantung, penyakit jaringan ikat, infeksi HIV, sirosis atau obat penekan nafsu makan. Grup kedua adalah hipertensi pulonal yang disebabkan oleh penyakit jantung bagian kiri. Ini tentunya juga akan berpengaruh pada sisi kanan jantung. Grup ketiga ada hipertensi pulmonal yang disebabkan oleh penyakit paru-paru, seperti penyakit paru intertisial atau fibrosis paru. Grup keempat adalah hipertensi pulmonal yang disebabkan oleh penggumpalan darah kronis di paru-paru dan grup terakhir adalah hipertensi pulmonal yang disebabkan oleh kondisi lain seperti tumor yang menekan pembuluh arteri paru-paru. 

Meski pun setiap orang bisa mengalami hipertensi pulmonal ini, namun orang tua lebih berisiko terserang penyakit hipertensi pulmonal sekunder, sementara orang yang lebih muda berisiko menderita hipertensi jenis idiopatik. Jenis idiopatik ini juga lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Kamu dapat menurunkan peluang terserang penyakit ini dengan mengurangi faktor risikonya. Apa saja itu? faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ini seperti riwayat keluarga, gender, ketinggian tempat hidup, dan penyakit lainnya seperti penyakit bawaan jantung, penyakit paru-paru, hati dan gangguan jaringan ikat seperti skeroderma dan lupus. 

Itulah hal-hal yang dapat kamu ketahui tentang penyakit ini mulai dari pengertian hipertensi pulmonal dan penyebabnya serta faktor risiko yang meningkatkan kamu dapat terserang penyakit ini. Jika merasa sesuatu yang salah pada dirimu, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *