Syarat dan Cara Daftar Kredit UMKM di Pertamina

Setelah semua persyaratan pengajuan kredit dilengkapi, formulir aplikasi harus dilengkapi dan ditandatangani dengan materai 6.000 dan dilengkapi dengan semua dokumen yang diperlukan. Kemudian temukan lampiran email tersebut. Subjek email adalah pendaftaran program kemitraan (wilayah). Contoh: Pendaftaran Program Kemitraan Jawa Barat. Dokumen lengkap yang dipersyaratkan dapat dikirim ke masing-masing daerah, Kemenag, RU dan Rumah Kreatif Pertamina BUMN, sesuai bidang kegiatan atau scan semua dokumen ke alamat e-mail [email protected] (jika pendaftaran menggunakan e-mail).

Pendaftaran Program Kerjasama dengan Pertamina tidak dipungut biaya. Warga dihimbau untuk memperhatikan oknum yang mengatasnamakan Pertamina melakukan penipuan. Pastikan informasinya benar dengan menanyakan Contact Pertamina 1500000. Pada 2018, Pertamina melalui program Kredit UMKM menyalurkan Rp 265 miliar kepada 991 mitra binaan. Selain itu, pada tahun 2019, Pertamina telah menyalurkan dana kredit UMKM sebesar Rp338 miliar kepada 2.067 mitra angkat. Program ini tersebar luas di seluruh Indonesia.

Pertamina memiliki program kemitraan SMEPP yang memberikan kredit kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan total dana hingga Rp 200 juta dan layanan administrasi 3%.

Dana tersebut diangsur selama tiga tahun dengan sedikit bunga. Pertamina telah menerbitkan daftar 1000 sahabat angkat UMKM dari Sabang hingga Merauke.

SMEPP adalah salah satu upaya Pertamina untuk peningkatan kemampuan usaha kecil agar tangguh dan mandiri. Tidak hanya memberikan pinjaman, program ini juga memberikan pendampingan dan pembinaan bagi para pelaku usaha UMKM.

Persyaratan kredit UMKM Pertamina

– Memiliki kekayaan bersih maksimum Rp 500.000.000 (tidak termasuk tanah dan bangunan untuk tempat komersial) atau hasil penjualan tahunan maksimum Rp 2.500.000.000;

– Warga negara Indonesia (WNI)

– Berdiri sendiri, bukan anak perusahaan atau anak perusahaan dari perusahaan yang dimiliki, dioperasikan atau digabungkan, langsung dengan perusahaan menengah atau besar;

– Memiliki badan usaha perseorangan, badan usaha tidak berbadan hukum, termasuk usaha mikro atau koperasi;

– Telah menjalankan bisnis minimal 6 bulan dan memiliki potensi serta prospek untuk berkembang;

– Tidak memenuhi persyaratan perbankan atau lembaga keuangan non bank

Selain ketentuan di atas, Anda juga perlu melengkapi sejumlah dokumen pendukung saat mengajukan pinjaman UMKM di Pertamina. Persyaratan dokumen yang perlu disediakan yaitu:

– Formulir aplikasi program kemitraan (link berikut dapat diunduh pada lembar format F4: Form_Aplication_Program Partnership).

– Untuk informasi tentang pengisian formulir program kemitraan, klik di sini;

– Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga dari suami istri;

– Foto suami istri terbaru dalam format 4X6;

– Salinan jaminan (dokumen asli ditunjukkan jika pengajuan pinjaman disetujui);

– 2 gambar tempat kerja;

– Merencanakan / memetakan lokasi kegiatan komersial;

– Izin niaga atau pernyataan Kepala Desa;

– Fotokopi rekening tabungan atas nama pemohon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *